Minggu, 19 Juni 2011

ULAT API MENYERANG 9.000 Ha


Sekitar 9.000 hektare tanaman sawit milik warga di tiga kecamatan habis daunnya dilahap ulat api yang kembali menyerang kebun sawit di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi.

"Serangan sudah berlangsung semenjak awal Mei, dan kini dampaknya telah 9.000 hektare lahan milik rakyat habis digunduli oleh ulat api, warga pun kini bingung tak tahu harus berbuat apa lagi," kata Sunarto, Kasubag Umum kantor Kecamatan Pemenang Selatan Sunarto, di Bangko, Jumat.

Ia menjelaskan, berbagai upaya dan tindakan telah dilakukan warga seperti melakukan foging atau pengasapan, namun tindakan itu tidak cukup bisa membendung kerakusan ulat api tersebut.

Selain itu, tambahnya, pihak pemerintahan desa dan kecamatan juga sudah melaporkan kejadian serangan hama ulat api tersebut kepada Bupati H Nalim dan kepada Dinas Kehutanan dan Perkebunan.

"Namun hingga saat ini belum ada tanggapan dari dinas instansi terkait, buktinya belum ada satupun petugas dari dinas tersebut yang turun ke lapangan melihat telah gundulnya pohon-pohon sawit produktif warga ini," terang Sunarto.

Lebih jauh dia merinci, adapun kecamatan yang terserang adalah Pemenang Selatan, Renah Pemenang dan Pemenang Barat, bahkan diketahui serangan ulat api tersebut juga sudah sampai menyerang di kecamatan Bangko Barat.

"Belasan desa eks-transmigrasi telah jadi korbannya, diantaranya yang paling parah Desa Bukit Bungkul, Tambang Mas, Meranti, Tanjung Benuang, Pasan, Pulai, Sungai Kapas, Bukit Bening, dan Sungai Putih. Di Pemenang Selatan Sendiri ada enam desa yang terparah," katanya.
Anda sedang membaca artikel berjudul ULAT API MENYERANG 9.000 Ha dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2011/06/ulat-api-menyerang-9000-ha.html , Jika suka dengan artikel ULAT API MENYERANG 9.000 Ha dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2011/06/ulat-api-menyerang-9000-ha.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...