Jumat, 19 Agustus 2011

Cara menjernihkan air gambut


Cara menjernihkan air gambut. Anda tinggal di daearah gambut maka anda akan dihadapkan pada air gambut. Air gambut tersebut berwarna kecokelat-cokelatan sampai yang berwarna hitam jika gambutnya adalah gambut dalam. Air gambut tersebut juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga dapat merusak gigi anda dan rasanya tentu akan sangat tidak menarik dimulut jika anda terbiasa dengan air mineral.


Jika anda mencuci dengan air gambut itu kain bukannya bersih, tapi menjadi lusuh, bahkan lama-kelamaan bisa rusak.

Berbagai cara menjernihkan air gambut adalah :

1. Mengendapkan air gambut
Cara paling traditional untuk menjernihkan air gambut adalah cara mengendapkannya beberapa saat sebelum dipergunakan.

2. Pengendapan dengan tanah lempung
Cara penjernihan air gambut dengan tanah lempung adalah membuat instalasi pengolahan air dapat berupa drum atau bak dengan volume air 200 L.drum untuk penjernihan air gambut tersebut dindingnya dilapis semen, dan dasarnya diplester. Drum ini dilengkapi pengaduk dari kayu (untuk mengaduk lempung yang dicampurkan dalam air), pipa-pipa pralon, dan beberapa keran.

Lempung berwarna abu-abu tua (ada yang kecokelatan), berbau busuk, lunak, dan biasanya terdapat pada kedalaman 5-17 meter. lempung gambut yang disebut halotrichite itu mampu menyerap ion-lon yang ada pada air gambut. Dengan proses kimiawi, lempung gambut yang menyerap ion-lon dari air keruh itu muatannya menjadi lebih berat, lantas mengendap. Sebaliknya, air gambut pun menyerap ion-ion tertentu dari tanah gambut itu. Dari pertukaran berbagai ion-ion inilah - sementara tanah gambut membentuk gumpalan-gumpalan - air gambut terproses menjadi jernih.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih jernih, air disaring lagi dengan lapisan batu kerikil dan pasir kuarsa. Instalasi itu memerlukan beberapa keran, baik keran untuk mengalirkan air yang sudah jernih maupun keran pembersih untuk mengeluarkan lempung pengendap dari drum. Setelah beberapa kali dicoba di laboratorium, Setiap liter air gambut bisa dijernihkan dengan dosis 625 mg lempung gambut.

Dalam waktu tiga jam, air bening keluar dari keran.

3. Paduan perlit semen dan kapur
Cara berikutnya adalah dengan menggunakan panduan perlit semen dan kapur. Paduan perlit-semen-kapur dihancurkan, kemudian sepertiganya  dimasukkan ke dalam kolom yang sudah diisi kapas terlebih dahulu sampai ketinggian 40 cm. Ditambahkan akuades sampai terendam sempurna, akuades dikeluarkan melalui kran sampai tidak ada tetesan lagi. Kemudian  air rawa gambut dialirkan ke dalam kolom filtrasi  dan didiamkan selama 10 menit, dan adsorban filtrat diukur pada serapan  maksimum.

semoga informasi ini dapat membantu menjernihkan air gambut anda tapi jangan lupa jika ingin di konsumsi harus dimasak dahulu walaupun kelihatan jernih.
Anda sedang membaca artikel berjudul Cara menjernihkan air gambut dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2011/08/cara-menjernihkan-air-gambut.html , Jika suka dengan artikel Cara menjernihkan air gambut dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2011/08/cara-menjernihkan-air-gambut.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...