Friday, August 19, 2011

Cara menjernihkan air sumur , sumur bor dan air keruh


Cara menjernihkan air sumur , sumur bor dan air keruh. Anda baru saja membuat sumur atau sumur bor tetapi air yang dihasilkan kotor alias keruh dan berbau busuk, maka anda perlu strategi untuk mengatasi masalah tersebut. dalam tulisan ini akan diulas secara tuntas bagaimana cara untuk menjernihkan air sumur atau sumur bor tersebut sehingga anda merasa nyaman untuk menggunakannya.


1. Cara menjernihkan air sumur , sumur bor dan air keruh dengan Ijuk

- Sediakan penampungan air (drum) ukuran sedang, yaitu sekitar 20-50 liter air. Penampungan air ini dibolongi pada bagian bawahnya.

- Sediakan ijuk 10 kg dan masukkan kedalam drum yang sudah dilobangi pada bagian bawahnya.

- Diatas ijuk masukkan pasir sebanyak 10 kg, ditambah dengan batu krikil 5 kg.

- Setelah hal-hal diatas sudah selesai dilakukan, maka kemudian silahkan memasukkan air kedalam drum yang sudah diisi oleh ijuk, pasir dan krikil. Silahkan lihat hasil air yang keluar dari drum yang sebelumnya sudah dilobangi, apakah sudah lebih jernih dari air yang dimasukkan sebelumnya?

2. Cara menjernihkan air sumur , sumur bor dan air keruh dengan Arang Kayu.

Cara menjernihkan air sumur , sumur bor dan air keruh untuk membersihkan / menjernihkan air sumur gali dengan areng kayu adalah dengan mengikat beberapa potong arang kayu dengan tali, lalu diceburkan ke dalam sumur galian dan ikatkan tali yang kuat agar arang kayu tidak hilang terlepas ke dalam dasar sumur. Setelah beberapa lama kualitas air akan membaik dengan tingkat kekeruhan dan aroma bau yang. Ganti arang kayu setiap 2 hingga 3 bulan sekali.

3. Cara menjernihkan air sumur , sumur bor dan air keruh dengan tawas

Cara menjernihkan air sumur , sumur bor dan air keruh adalah dengan menaburkan tawas menggunakan tawas (Aluminium Sulfat) yang ditaburkan di selubung pipa sumur bor, Jika anda menggunakan sumur maka dapat anda taburkan pada sumur pada saat awal setelah selesai digali atau jika sudah terlambat juga dapat ditaburkan jika airnya keruh.

Baca juga :
cara menjernihkan air gambut

1 comment:

  1. Tipsnya sangat bermanfaat.
    Bapak kudu ngerti tips ini.
    Soalnya di rumah Royyan air sumur baunya tidak enak.
    Terima kasih kak.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...