Sabtu, 03 September 2011

Jagung, Tehnik Budidaya Berbagai Jenis Jagung

Jagung, Tehnik Budidaya Berbagai Jenis Jagung. Sepertinya tidak ada orang yang tidak mengenal jagung karena jagung sangat muah untuk ditemukan sekalipun anda tinggal di kota karena jagung biasanya banyak dijual di pasar tradisional dan pasar moderen seperti minimarket dan swalayan.

Dalam artikel ini akan dibahas tehnik budidaya berbagai jenis Jagung. Nah sebelum mengetahui cara budidaya berbagai jenis jagung sekarang kita kenali dulu jenis jagungnya satu persatu.
Jenis jagung dapat diklasifikasikan berdasarkan: (i) sifat biji dan endosperm, (ii) warna biji, (iii) lingkungan tempat tumbuh, (iv) umur panen, dan (v) kegunaan.

Jenis jagung berdasarkan lingkungan tempat tumbuh meliputi: (i) dataran rendah tropik (<1.000 m dpl), (ii) dataran rendah subtropik dan mid-altitude (1.000-1.600 m dpl), dan (iii) dataran tinggi tropik (>1.600 m dpl).

Jenis jagung berdasarkan umur panen dikelompokkan menjadi dua yaitu jagung umur genjah dan umur dalam. Jagung umur genjah adalah jagung yang dipanen pada umur kurang dari 90 hari, jagung umur dalam dipanen pada umur lebih dari 90 hari.

Sejalan dengan perkembangan pemuliaan tanaman jagung, jenis jagung dapat dibedakan berdasarkan komposisi genetiknya, yaitu jagung hibrida dan jagung bersari bebas. Jagung hibrida mempunyai komposisi genetik yang heterosigot homogenus, sedangkan jagung bersari bebas memiliki komposisi genetik heterosigot heterogenus. Kelompok genotipe dengan karakteristik yang spesifik (distinct), seragam (uniform), dan stabil disebut sebagai varietas atau kultivar, yaitu kelompok genotipe dengan sifat-sifat tertentu yang dirakit oleh pemulia jagung.

Diperkirakan di seluruh dunia terdapat lebih dari 50.000 varietas jagung.

Tetapi secara umum jagung sebenarnya bisa di bagi atas jagung manis dan jagung biasa.
gambar jagung manis
Setelah mengenal jenis jagung sekarang kita bahas tehnik budidaya jagungnya ya..., simak dengan baik - baik.

Persiapan Lahan budidaya jagung
• Tanah dibajak 15-20 cm, gemburkan dan ratakan, atau tanpa olah tanah bagi tanah gembur/ringan.
• Bersih dari sisa-sia tanaman dan tumbuhan pengganggu.

Penanaman jagung
• Buat lubang tanam dengan tugal sedalam 5 cm.
• Jarak tanam 75 cm x 40 cm (2 tanaman /rumpun), atau 75 cm x 20 cm (1tanaman /rumpun)
• Masukkan benih dalam lubang tanam dan tutup dengan tanah atau pupuk kandang.

Pemupukan jagung
• Takaran pupuk: untuk yang telah dikaji di Lampung 350 kg urea/ha + 150 kg SP 36/ha + 100 kg KCL/ha.
• Pupuk diberikan 2 kali, pertama 7-10 hst (200 kg urea/ha + 150 kg SP 36/ha +100 kg KCL/ha) kedua:30-35 hst(250 kg urea/ha).
• Pupuk diberikan dalam lubang/ larikan + 10 cm
• Disamping tanaman ditutup dengan tanah .

Penyiangan jagung
• Penyiangan pertama pada umur 15 hst.
• Penyiangan kedua pada umur 28-30 hst, dilakukan sebelum pemupukan kedua.

Pengendalian hama dan penyakit jagung
• Pengendalian penyakit bulai dapat dilakukan dengan: Benih jagung 1 kg dicampur 2 gr Ridomil atau Saromil yang dilarutkan dalam 7,5 – 10 ml air. Sedangkan untuk pengendalian hama penggerek diberi insektisida Furadan 3 G melalui pucuk tanaman (? 3-4 butir/
tanaman)

Hama dan penyakit umum di perkebunan jagung adalah :

Hama tanaman jagung : Lalat bibit (Atherigona exigua Stein), Ulat pemotong
Penyakit tanaman jagung : Penyakit bulai (Downy mildew). Penyakit bercak daun (Leaf bligh)
Penyakit karat (Rust). Penyakit gosong bengkak (Corn smut/boil smut). Penyakit busuk tongkol dan busuk biji

Penyiraman tanaman jagung
hanya dilakukan jika musim kemarau melanda.
• Pada saat sebelum tanam 15 hari setelah tanam 30 hst , 45 hst, dan 75 hst (6 kali pemberian).
• Sumber air dapat dari irigasi permukaan atau tanah dangkal (sumur) pompa

Panen
Letak perbedaan jagung hibrida dan jagung manis adalah cara panen. Jagung hibrida siap dipanen jika klobot sudah mengering dan berwarna coklat muda, biji mengkilap, dan bila ditekan dengan kuku tidak membekas.
Gambar jagung biasa
Sedangkan kalau jagung manis dipanen saat jagung masih muda karena biasanya dijual untuk dimasak seperti di panggang, di bakar, direbus, dibuat untuk bahan kue dll.

Tag :
Jagung, jenis jagung, budidaya jagung, tehnik budidaya jagung, tehnis budidaya jagung, jagung hibrida, jagung manis, jangung bertongkol dua, jagung bakar, jagung rebus, jagung biasa, jagung organik, jagung unggul, jenis bibit jagung, benih jagung, bisnis jagung, produksi jagung, perkawinan jagung, produksi benih jagung, jagung merah, tongkol jagung, jagung putih, jagung asli indonesia, harga jagung, konsumsi jagung, menfaat jagung, kegunaan jagung, penaganan jagung, pasca panen jagung, pengolahan jagung


Anda sedang membaca artikel berjudul Jagung, Tehnik Budidaya Berbagai Jenis Jagung dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2011/09/jagung-tehnik-budidaya-berbagai-jenis.html , Jika suka dengan artikel Jagung, Tehnik Budidaya Berbagai Jenis Jagung dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2011/09/jagung-tehnik-budidaya-berbagai-jenis.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...