Kamis, 20 Oktober 2011

Cara Membuat Anak Menjadi Pintar


Tips dan Trik cara  membuat anak menjadi pintar, cerdas, religius dan jenius. Orang berkata bahwa pintar itu adalah sebuah anugrah. Memang benar pintar itu adalah sebuah anugrah yang patut di syukuri, dan kepintaran didukung oleh lingkungan sekitar pula, tapi adakalanya potensi pintar seseorang tidak dapat muncul secara maksimal karena perlakuan yang mengakibatkan kepintaran menjadi tersembunyi. Berikut adalah tips dan trik  cara membuat potensi kepintaran anak menjadi muncul dan maksimal.
 
Berikut adalah 19 tips dan trik cara membuat anak menjadi pintar, cerdas dan genius :

1. Bermain permainan yang berpikir
Catur, teka-teki silang dan sudoku selain menyenangkan juga mendukung strategi berpikir anak-anak, bagaimana cara menyelesaikan masalah, dan membuat keputusan yang kompleks.

2. Bermain musik
Bermain musik selain menyenangkan juga bisa merangsang pertumbuhan otak kanan. Menurut sebuah studi di Universitas Toronto, diadakannya pelajaran musik bisa memberikan keuntungan dalam meningkatkan IQ anak dan performa akademisnya. Semakin lama waktu yang digunakan untuk bermain musik maka efek yang dihasilkan juga semakin besar.

3. Pemberian ASI
ASI merupakan makanan otak yang paling dasar. Peneliti secara konsisten terus menunjukkan berbagai macam keuntungan ASI yang behubungan dengan pertumbuhan bayi. Anak yang mengkonsumsi ASI eksklusif akan memiliki tingkat kepintaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang mengkonsumsi ASI hanya beberapa bulan saja.

4. Membiasakan berolahraga
Para peneliti di Universitas Illinois menunjukkan hubungan yang kuat antara kebugaran dan prestasi akademik di antara anak-anak sekolah dasar. Semakin bugar badan sang anak maka kemampuan dalam menerima pelajaran juga meningkat. Sebaiknya mendorong anak untuk terlibat dalam aktivitas fisik atau organisasi olahraga tertentu sesuai dengan minat anak.

5. Menyingkirkan makanan siap saji
Mengurangi asupan gula, lemak trans dari makanan siap saji dan menggantinya dengan makanan bergizi tinggi yang baik untuk perkembangan mental anak usia dini serta berfungsi dalam perkembangan motorik anak pada usia 1-2 tahun pertama. Contohnya anak-anak memerlukan zat besi untuk perkembangan jaringan otak yang sehat, anak yang kekurangan zat besi akan lambat dalam menerima rangsangan.

6. Mengembangkan rasa ingin tahu
Para ahli mengatakan orang tua yang menunjukkan rasa ingin tahunya pada anak akan mendorong anak untuk mencari ide-ide baru, sehingga merangsang anak untuk berpikir. Mengajari anak keterampilan baru serta pendidikan di luar rumah juga bisa mengembangkan rasa ingin tahu anak dan intelektualnya.

7. Budayakan membaca
Membaca adalah cara yang paling mudah untuk meningkatkan pembelajaran dan perkembangan kognitif anak-anak dari segala usia. Cara ini bisa dimulai dengan sering membacakan anak dongeng sebelum tidur dan sering-seringlah memberikan anak hadiah buku yang bisa menarik perhatiannya.

8. Mengajarkan kepercayaan diri
Orang tua sebaiknya meningkatkan semangat dan optimisme anak-anak. Berpartisipasi dalam tim olahraga atau kegiatan sosial akan membantu meningkatkan kepercayaan diri sang anak diantara teman-temannya.

9. Memberikan sarapan yang sehat
Para peneliti meyakinkan bahwa mengonsumsi sarapan yang sehat akan meningkatkan memori dan konsentrasi anak dalam belajar. Anak-anak yang tidak dibiasakan sarapan cenderung lebih mudah marah dan kurang konsentrasi pada waktu belajar, sementara anak yang sarapan akan tetap fokus dan bergerak selama jam sekolah.

10. Mengajak bicara. 
Ceritakan tentang apa saja padanya. Yang jelas, anak jadi tahu, dia merupakan pusat perhatian Anda. Hal ini akan mendukungnya di dalam perkembangan pengetahuan bahasa dan pemikirannya.

11. Pilih buku anak-anak dengan huruf yang besar dan gambar yang jelas. 
Hal ini akan menolong anak mengerti apa yang mereka lihat dan juga pelan-pelan belajar membaca kata.

12. Beli kaset/VCD/DVD berbahasa asing. 
Akan lebih mudah untuk anak balita menangkap bahasa asing daripada di kemudian hari.

13. Beli software komputer untuk anak balita. 
Banyak software yang melatih kemahiran menggunakan keyboard karena sebelum berusia 2,5 tahun anak cenderung sulit menggunakan mouse.

14. Beli huruf abjad yang terbuat dari plastik dan simpan di kamar mandi. 
Setiap kali mandi, perkenalkan huruf baru dan lakukan berulang-ulang hingga anak hafal. Dengan cara itu, pelan-pelan anak akan mulai belajar adanya hubungan antara berbicara dan menulis di dalam bahasa.

15. Selalu lakukan pengulangan. 
Banyak orang tua merasa frustrasi jika anaknya berulang-ulang membaca satu halaman di buku yang sama atau menonton film/VCD yang itu-itu saja. Jangan sebal dan panik! Ini merupakan suatu bagian penting di mana anak mengenal proses informasi.

16. Beli huruf-huruf dan angka-angka yang terbuat dari magnit. 
Hal ini memungkinkan anak bermain sambil belajar di depan lemari es. Kenalkan kata-kata yang baru setiap minggu.

17. Bacakan suatu cerita setiap hari. 
Baca dengan intonasi dan ekspresi seperti kita sedang bermain drama.

18. Pendidikan jasmani berhubungan langsung dengan pendidikan akademis. 
Penelitian menunjukkan, perkembangan otak juga berhubungan erat dengan pendidikan jasmani, seperti merangkak sebelum usia 1 tahun. Jika Anda dan si balita sering melakukan aneka kegiatan olahraga bersama, hal ini dapat membantu menambah perkembangan fisik serta otak anak. Entah itu berlari-lari, naik kuda, berenang, dan lainnya.

19. Beli satu set pelajaran dan pendidikan untuk anak balita. 
Termasuk di dalamnya buku-buku, video, kaset, dan bagaimana caranya mengajarkannya. Baca dan belajarlah berdua anak. Membeli ensiklopedia bergambar khusus untuk anak pun, tak ada salahnya.

Demikian dulu tips dan trik untuk mencerdaskan anak atau cara membuat anak menjadi cerdas dan pintar.

Kata Terkait :
cara membuat anak, "cara membuat anak", cara membuat anak, cara membuat anak pintar, tips cara membuat anak pintar, tips cara buat anak pintar, tips buat anak cerdas, tips buat anak pintar dan cerdas, trik membuat anak pintar dan cerdas, tips terbaru membuat anak pintar dan cerdas, trik terbaru membuat anak cerdas, berbagai cara membuat anak pintar dan cerdas, tips jitu membuat anak pintar, cara jitu membuat anak pintar, cara jitu membuat anak cerdas, cara baru membuat anak cerdas dan pintar, kumpulan cara membuat anak menjadi pintar, kumpulan tips membuat anak menjadi pintar

Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Membuat Anak Menjadi Pintar dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2011/10/cara-membuat-anak-menjadi-pintar.html , Jika suka dengan artikel Cara Membuat Anak Menjadi Pintar dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2011/10/cara-membuat-anak-menjadi-pintar.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...