Minggu, 30 Oktober 2011

Resep Rendang Padang Spesial

Rahasia Resep Masakan Rendang Padang Spesial. Siapa yang tidak kenal dengan masakan rendang padang, tentu saja semua orang kenal karena banyak sekali rumah makan masakan padang yang tersebar hampir diseluruh Indonesia. Tidak  hanya dikota-kota, di pelosok desa pun rumah makan masakan padang sudah berdiri. Menu spesial di rumah makan masakan padang adalah Rendang Padang. Anda pun juga bisa membuat rendang padang yang terkenal tersebut, tertarik untuk mencoba membuat rendang padang ?
     
Jadi jika kamu suka dengan rendang padang, di sini ada resep lengkap dan dijamin maknyus. Jadi nggak perlu lagi harus pergi ke warung padang hanya untuk sekedar membeli rendang. Bahan mungkin rasanya tidak hanya sekedar seperti di warung melainkan sampai di restoran mahal. Jadi wajib donk dicoba!

Cara membuat rendang dengan resep ini sangatlah simple dan mudah untuk diikuti seperti membuat udang saus padang. Mungkin bagi yang pemula dan belum pernah membuatnya akan mengalami sedikit kesulitan tapi secara keseluruhan akan baik-baik saja. 


Resep Membuat Rendang Padang Spesial I

Bahan rendang padang :

1 ½ kilo daging sapi
12 gelas santan dari 3 butir kelapa
2 biji asam kandis
1 batang serai, memarkan
1 lembar daun kunyit
2 lembar daun jeruk purut
Garam secukupnya

Haluskan :

1 ons cabe merah
15 buah bawang merah
6 siung bawang putih
5 buah kemiri
2 cm jahe
3 cm laos (yang ini tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja)
Cara membuat:

Daging dipotong2 sesuai selera.
Dalam wajan: rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan plus daun-daun dan asam kandis.
Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging
Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Kalau mau dihitamkan kecilkan apinya.

Ada juga rahasia untuk membuat rendang padang agar lebih mantap, seperti rendang padang asli yang dijual di rumah makan padang.

Ini dia rahasia rendang padang :

- Sedikit tambahan untuk resep tsb (supaya lebih enak,boleh di test):
* 1kg daging, kelapanya 3 butir dibuat santan kental, jadi kalau 1,5 kg sebaiknya 5 butir kelapa.
* Ditambah 3 lembar daun salam, juga untuk serai ditambah jadi 2 batang, daun jeruk ditambah menjadi 4 lembar
* Ditambah 2 sdm kelapa parut sangrai yang sudah digiling halus (sampai keluar minyak)
* Sedikit gula, bila suka
* Kalau ingin rasanya lebih sarat bumbu, cabe, bawang putih & merahnya boleh ditambah lagi
* Supaya lebih meresap bumbunya, sebaiknya daging diungkep dulu bersama dengan semua bumbu & daun, setelah air dagingnya kering baru  masukan santan, diaduk terus sampai mendidih. Kecilkan api, masak sampai bermiyak (hitam) dengan sekali-sekali diaduk agar tidak lengket & matangnya merata. (Dew)

- Kebetulan kalau bikin rendang saya juga memasukkan sedikit asam kandis, tetapi rasanya tidak menjadi asam sama sekali kok (kali kalah sama rasa bumbu dan santannya), soalnya paling asam kandisnya 2 atau 3 biji. Kata orang sih, asam juga dapat berfungsi sebagai pengawet alami? (bener nggak sih). (An)

- Kadang ada orang yang bilang kenapa kalau masak rendang tidak bisa hitam seperti rendangnya orang Minang. Ibuku bilang, supaya rendang bisa hitam, kuncinya jangan pakai kunyit. Kalau pakai kunyit, biar masaknya lama dengan api kecil pun, rendang tetap kelihatan merah (seperti kalio).

- Supaya dedaknya banyak, santan juga harus banyak. Memeras santan untuk rendang, perasan pertama sebaiknya jangan ditambahkan air dulu.Peras kelapa dengan menggunakan kain/serbet khusus, supaya patinya keluar.

- Resep keluargaku, takaran utamanya :
1 kg daging, 4 butir kelapa (kalau di Batam = 2kg), 1 ons cabe giling. Ukuran potongan daging yang pas utk rendang, 1 kg = 25-30 potong, potong sesuai seratnya supaya tidak cepat hancur waktu dimasak.

- Kalau jenis dagingnya yang cepat empuk, jangan terlalu cepat dimasukkan, cukup di aduk dengan bumbu supaya meresap lebih dahulu dan didiamkan k/l 1/2 jam, baru masukkan setelah santan yang telah dijerang keluar minyaknya.

Resep Membuat Rendang Padang Spesial II

Bahan rendang padang :

1 ½ kilo daging sapi
12 gelas santan dari 3 butir kelapa
2 biji asam kandis
1 batang serai, memarkan
1 lembar daun kunyit
2 lembar daun jeruk purut
Garam secukupnya
Haluskan untuk bumbu rendang nya:

1 ons cabe merah
15 buah bawang merah
6 siung bawang putih
5 buah kemiri
2 cm jahe
3 cm laos (yang ini tidak perlu dihaluskan, cukup di keprak saja)
Cara membuat rendang padang adalah sebagai berikut:

Daging dipotong2 sesuai selera.
Dalam wajan: rebus santan dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan plus daun-daun dan asam kandis.
Aduk terus sampai mengental agar santannya tidak pecah. Kalau sudah mulai keluar minyak masukan potongan-potongan daging
Aduk terus dan dimasak dengan api sedang. Kalau mau dihitamkan kecilkan apinya.

Resep Membuat Rendang Padang Spesial III

Bahannya rendang padang :

1 kg daging sapi topside
2 lembar daun kunyit
4 lbr daun salam
2-3 potong asam kandis
Santan dari 4 buah kelapa (jadi 2 liter), atau 3(200 ml) santan siap pakai + air
-garam secukupnya
4 ruas sereh
15 lbr daun jeruk dan

Bumbu halus

200 gr cabe merah keriting
10 butir cabe rawit- 1 sdm ketumbar sangrai
5 cm lengkuas
50 gr kemiri
7 butir bawang putih
1 buah pala utuh
100 gr bawang merah
-1 sdm bumbu kari siap pakai

Caranya  membuat masakan rendang padang versi II:

Ambil 2 sdm bumbu halus dan lumuri daging dengan bumbu tersebut, diamkan 1-2 jam
Masak sisa bahan sampai santan mendidih dan harum, masukkan daging dan asam kandis.
Masak terus sambil dijaga supaya santan tidak pecah sampai daging empuk dan bumbu kering dan berwarna kehitaman. Sajikan Tips :- Terkadang daging hancur karena proses masak yang lama. Untuk menghindarinya setelah daging empuk, angkat dan keringkan bumbu, lalu masukkan kembali daging dan masak sampai semuanya kehitaman.
Memakai santan siap pakai memang lebih praktis dan tidak mudah pecah, tapi rasanya kurang gurih.
Resep  diatas diambil dari BukuVariasi masakan Padang favorit terbitan Kawan Pustaka karangan Rahmat Kusnedi & Bahrun Darodjie. Kamu juga dapat membelinya untuk mengetahui lebih jauh tentang masakan padang terutama rendang.

Kata Terkait :
resep rendang padang, resep rendang padang, resep rendang padang, REndang Padang, bumbu lengkap rendang daging sapi, resep masakan padang ( rendang ), resep rendang sapi padang, rendang padang, resep rendang padang asli, rendang padang asli, cara memasak rendang padang, cara masak rendang, resep makanan rendang, resep rendang padang, resep masakan daging rendang padang, resep rendang padang kering, resep rendang padang spesial, rendang, rendang padang terbaru, rendang enak


Anda sedang membaca artikel berjudul Resep Rendang Padang Spesial dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2011/10/resep-rendang-padang-spesial.html , Jika suka dengan artikel Resep Rendang Padang Spesial dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2011/10/resep-rendang-padang-spesial.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

4 komentar :

Michael Jayavo mengatakan...

Kelihatannya enak rendangnya:p

nikss mengatakan...

Tq atas ajaran yg lengkap rendang ini pasti Saya cuba untuk Lebaran ini

guramalem mengatakan...

selamat mencoba resep rendang spesialnya

Gilang Satria Perdana mengatakan...

terimakasih sudah berbagi resepnya. nama saya Gilang, mahasiswa yang bulan ini kehabisan duit buat bayar hutang, hahaha, saat pulang kampung besok saya akan mempraktekkan resep ini untuk bekal makan sebulan. jadi tiap hari hanya tinggal beli nasi saja (^__^)v ini strategi saya menghemat uang haha.. saya akan masak sendiri, agak deg2an karena cowok seperti saya palingan cuma bisa masak air sama mie instan. moga resepnya berhasil :D

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...