Friday, December 9, 2011

Tips Cara Menentukan Persaingan Keyword


Tips dan tehnik cara memperkirakan persaingan keyword terbaru. Anda sedang bingung untuk memilih keyword atau anda telah memiliki keyword tetapi binggung untuk menentukan jumlah pesaing yang akan didapatkan maka dalam artikel  ini akan dibahas bagaimana cara untuk menentukan tingkat persaingan keyword tertantu.

Ada beberapa tolok ukur yang bisa digunakan untuk menilai tingkat persaingan sebuah kata kunci. Pada dasarnya anda melihat pada berapa banyak halaman web dimana situs atau halaman web anda akan bersaing untuk kata kunci tersebut.

Angka tersebut bisa didapat dengan mudah dari Google – misal, untuk kata kunci “wordpress theme designer”, kalau kita melakukan pencarian dengan kata kunci ini di Google, dapat kita lihat ada sekian ratus juta hasil (halaman web) untuk frase kata kunci tersebut – jumlah yang amat sangat banyak.

Estimasi jumlah halaman web untuk kata kunci "wordpress theme designer" di Google. Perhatikan tanda yang digaris bawahi.

Meski begitu ada satu hal yang perlu diperhatikan tentang mesin pencari; seringkali halaman web yang tidak dioptimasi untuk sebuah kata kunci juga bisa disertakan pada hasil pencarian karena halaman tersebut dianggap masuk kualifikasi atas beberapa kriteria penilaian.

Cara untuk mempersempit pencarian dan menemukan persaingan yang sesungguhnya adalah dengan menggunakan perintah-perintah yang berlaku di Google sebagai berikut:

allintitle:keyword – ini adalah parameter pencarian untuk menampilkan hanya halaman-halaman yang mengandung semua kata kunci sasaran pada tag title. Parameter pencarian ini menghasilkan hasil yang fokus, tapi bisa menghilangkan beberapa halaman dengan ranking tinggi kalau anda menggunakan long tail keyword yang terdiri atas lebih dari 3 kata.

intitle:keyword – parameter pencarian ini hanya menampilkan halaman-halaman yang mengandung satu atau lebih kata dari kata kunci sasaran pada tag title. Menghasilkan gambaran yang lebih luas, dan bisa digunakan sebagai indikator persaingan yang lebih umum.

inanchor:keyword – parameter ini hanya menampilkan halaman-halaman yang mendapat tautan masuk (inbound links) dengan anchor text yang mengandung satu atau lebih kata kunci sasaran.

Ada parameter pencarian lain yang bisa digunakan (seperti allinanchor: atau menggunakan tanda kutip “” yang melingkupi kata kunci untuk targeting yang lebih spesifik) namun 3 parameter yang ditampilkan diatas sudah cukup untuk memberi gambaran persaingan suatu kata kunci.

Untuk memperkirakan persaingan pada kata kunci, idealnya anda butuh hasil pencarian dari 4 jenis pencarian :
1. pencarian dasar
2. intitle
3. allintitle
4. inanchor. 

Untuk kata kunci yang tidak terlalu teroptimasi, anda akan menemukan sangat banyak hasil pencarian untuk pencarian dasar, namun untuk intitle, hasilnya sangat sedikit.

Karena tautan adalah faktor yang sangat penting untuk proses pemeringkatan di mesin pencari, maka parameter inanchor diperlukan juga untuk menentukan tingkat persaingan. Pada contoh pencarian diatas, terlihat bahwa terdapat puluhan juta halaman web  yang mengandung satu atau lebih kata kunci yang digunakan pada frase yang terdapat pada anchor text yang mengarah ke halaman tersebut.

Perbandingan pencarian untuk allinanchor menghasilkan 3,4 juta halaman web, hal ini mengungkapkan bahwa dari sekian banyak halaman web yang menempati posisi puncak hanya sedikit saja yang teroptimasi langsung dengan anchor text “wordpress theme designer”, kebanyakan halaman lainnya yang tampil pada hasil pencarian dasar adalah karena backlink dan optimalisasi on-page yang terkait topik wordpress / wordpress theme.

Setelah membuat daftar dan meninjau ulang gambaran persaingan untuk pencarian dasar (tanpa tanda kutip), intitle, allintitle, dan inanchor, kemudian bisa dibuat peringkat persaingan dengan menggunakan skala berikut:

1 – Sangat Rendah
2 – Rendah
3 – Menengah
4 – Tinggi
5 – Sangat Tinggi

Jadi pada dasarnya anda harus membandingkan gambaran persaingan dengan menggunakan parameter pencarian yang berbeda dan menggunakannya untuk memperkirakan seberapa keras persaingan yang sesungguhnya.

Mengincar kata kunci yang sangat kompetitif biasanya bukan hal yang bagus, selain sangat sulit dan butuh waktu cukup lama, juga karena cakupannya terlalu luas dan belum tentu cocok dengan niche yang digarap. Pengecualian untuk hal ini adalah kalau anda sudah memiliki situs yang mapan dengan sejarah backlink dan peringkat yang baik di mesin pencari. Bukan untuk situs web yang baru dibuat.

Demikian dulu infornya semoga membantu. Info selanjutnya akan disampaikan setelah ini

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...