Sabtu, 17 Maret 2012

100 Rahasia Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan


100 Rahasian Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan.  Manfaat daun sirih yang sangat banyak dan beragam membuat tanaman ini dikenal sebagai tanaman dengan seribu khasiat. Sirih (Piper betle L./Chavica aurculata Miq) adalah tanaman yang sangat populer dan asli dari Indonesia. Jenis sirih ada beberapa macam, yaitu: Sirih Jawa, Sirih Cengkeh, Sirih Belanda, Sirih Hitam, dan Sirih Kuning.

Sesuai dengan manfaat daun sirih yang beragam, kandungan zat dari sirih juga sangat banyak. Beberapa kandungan tersebut antara lain: minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula.

Masyarakat Indonesia dahulu seting mengunyah sirih denan gambir, kapur, dan pinang karena salah satu manfaat daun sirih adalah dapat menjaga kesehatan gigi. Namun seiring berkembangnya zaman, kini sirih sudah diolah menjadi berbagai macam produk untuk memudahkan konsumen dalam mengonsumsinya.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Selain untuk menjaga kesehatan gigi, manfaat lain daun sirih untuk kesehatan ternyata sangat banyak. Beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan dapat kita peroleh dengan resep-resep sebagai berikut:

Daun Sirih untuk menghilangkan bau mulut dan mencegah kerusakan gigi. 
Sediakan 1 lembar daun sirih, cuci bersih, lalu kunyah selama beberapa menit. Lakukan resep ini selama 2-3 kali sehari. Jika Anda tidak tahan dengan aroma saat mengunyah sirih, Anda dapat menggunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur setiap selesai makan.

Daun Sirih untuk Obat batuk. 
Untuk mendapatkan manfaat daun sirih ini, Anda perlu menyediakan 5 lembar daun sirih, 11 biji cengkeh, 11 biji kemukus, dan 11 biji kapulaga, serta kayu manis seukuran jari tangan. Cuci semua bahan tersebut dan rebus kedalam 2 gelas air. Tunggu hingga air yang tersisa tinggal 1,5 gelas. Saring airnya dan minum 3 kali sehari.

Daun Sirih untuk mengobati Keputihan. 
Manfaat daun sirih untuk mencegah atau mengobati penyakit keputihan telah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Anda dapat membuatnya dengan merebus beberapa lembar daun sirih, cuci bersih, rebus dan gunakan airnya untuk cebok. Selanjutnya buat resep untuk diminum dengan menyediakan beberapa lembar daun sirih, kunyit, sambiloto/tapak liman, dan kumis kucing. Rebus semua bahan tersebut, saring airnya, lalu minum setiap hari hingga keputihan yang Anda derita sembuh.

Demikian dulu manfaat daun sirih bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Tag : manfaat daun sirih bagi wanita, manfaat kunyit, daun sirih obat keputihan, manfaat daun sirih untuk kesehatan, khasiat daun sirih, manfaat daun sirih merah, manfaat daun sirih hijau, manfaat daun sirih hitam, manfaat sirih, un sirih, sirih merah, sirih hitam, klasifikasi sirih, khasiat sirih, cara menanam sirih, daun sirih merah
Anda sedang membaca artikel berjudul 100 Rahasia Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2012/03/100-rahasia-menfaat-daun-sirih-bagi.html , Jika suka dengan artikel 100 Rahasia Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2012/03/100-rahasia-menfaat-daun-sirih-bagi.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

2 komentar :

gustie mengatakan...

Hahaha... judulnya 100 manfaat daun sirih, isinya dikit banget. Tapi judulnya oke banget tuk mancing pengunjung... 4 jempol munggah, hehehe

ani karmila mengatakan...

bagusss.,,,
sangat membantu

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...