Rabu, 04 September 2013

Cara Presentasi Yang Baik dan Benar


Rahasia Cara Presentasi Ala Stave Jobs. Dewasa ini melaksanakan presentase pasti akan anda alami terutama jika anda bekerja di kantoran sebab segala sesuatu saat ini sudah canggih. kalau dahulu rapat mungkin hanya duduk sambil berdiskusi tetapi saat ini rata-rata ruang rapat di lengkapi dengan alat proyektor sehingga saat mengungkapkan sesuatu anda juga harus menunjukkan data. Adakalnya meskipun dta anda lengkap tetapi karena skill kurang maka data tersebut di tolak oleh pimpinan jadi lebih baik anda coba sedikit mempelajari bagaimana cara Stave Jobs untuk melaksanakan presentasenya. Almarhum Steve Jobs adalah seorang yang paling sukses dalam penyampaian materi presentasi di dunia. Bukan hanya sukses membuat orang terpaku mendengarkan apa yang ia sampaikan, cara berpresentasi yang disampaikan Jobs bahkan menjadi rujukan jutaan orang di dunia.

Seperti dikutip dari BussinessWeek.com berikut rahasia presentasi sukses ala Steve Jobs:

1. Buat tema khusus
Sebelum memulai presentasi, siapkan satu tema khusus yang akan kita hadirkan ke tengah-tengah audiens pada hari itu. Tidak perlu membuat tema yang ribet, cukup fokuskan pada pesan atau fokus yang menjadi inti dari materi kita pada saat tampil.

2. Tunjukkan antusiasme
Agar pendengar tidak terkantuk-kantuk sepanjang sesi presentasi, orang yang berbicara harus menunjukkan semangat selama menyampaikan materi presentasi yang disampaikan. Dalam tiap presentasinya, Jobs sering menggunakan kata amazing, cool, dan extraordinary ketika memperkenalkan berbagai fitur yang dimiliki perangkat andalannya saat itu.

3. Jelaskan poin-poin penting yang ingin disampaikan
Sebelum mulai presentasi, Jobs selalu menjelaskan kepada audiensnya ada berapa poin penting yang ingin ia sampaikan dalam presentasinya saat itu. Memberikan panduan yang jelas di awal presentasi dan mengikuti alur sesuai garis besar yang kita sampaikan, membantu pendengar lebih mudah menyimak materi yang disampaikan.

4. Buat angka menjadi berarti
Kalau kita punya data berupa angka yang dapat menunjang presentasi, manfaatkanlah sampai optimal. Memberikan data melalui angka, terutama apabila angka yang kita sampaikan cukup signifikan, biasanya akan menarik perhatian pendengar dan penasaran untuk terus menyimak.

5. Latihan, latihan, latihan
Agar materi yang disampaikan dapat dibicarakan dengan lancar, tentunya latihan sangat diperlukan. Kesuksesan presentasi yang dilakukan Jobs kabarnya lahir dari belasan jam yang ia relakan untuk melatih terusmenerus penyampaian presentasinya. Jangan lupakan juga detil penting, seperti slide yang menarik atau tulisan yang jelas terbaca sebagai bagian dari persiapan.

6. Jangan pusingkan hal kecil
Persiapan puluhan jam boleh saja dilakukan tapi ketika saatnya tampil bukan tidak mungkin ada hal yang tidak diinginkan malah terjadi. Kalau muncul kejadian di luar rencana, santai saja. Ketika ada salah satu slide interaktifnya tidak berfungsi, Jobs ternyata hanya memilih tertawa dan sesegera mungkin beralih ke topik selanjutnya. Yang penting mencoba tetap have fun.

Tips lain untuk presentasi adalah :
1. Kuasai materi
Menguasai materi artinya anda dapat memilih materi yang harus anda tekankan dan materi yang dapat dihilangkan agar membuat presentasi menjadi lebih efektif. Penguasaan materi ini membuat kita menjadi lebih nyaman pada saat presentasi dan membuat presentasi exhibition event dan exhibition event organizerberjalan dengan baik. 

2. Jiwai materi yang anda bawakan
Membawakan presentasi tidaklah sama seperti membacakan puisi, anda tidak perlu menghafal materi yang anda bawakan, setiap presentasi membutuhkan 2 hal yakni harus hidup dan memiliki energi. Hal ini akan anda peroleh jika anda menjiwai materi yang anda bawakan.

3. Lakukan simulasi presentasi anda
Sebelum berpresentasi ada baiknya anda melakukan simulasi presentasinya terlebih dahulu. Jika memungkinkan undang rekan anda pada saat simulasi dan mintalah pendapat mereka dengan jujur tentang performa anda pada saat presentasi. Tidak ada salahnya jika anda terus mengulang agar memperoleh kesempurnaan.

4. Kuasai ruangan presentasi anda
Usahakan datang sebelum presentasi. Berjalanlah diseluruh ruangan agar anda dapat menentukan view exhibition event management yang paling tepat buat anda ketika berpresentasi.

5. Kuasai peralatan anda saat presentasi
Pastikan sound system berjalan dengan sempurna, juga pastikan lcd exhibition event management anda dapat menampilkan presentasi anda dengan sempurna, tidak ada salahnya anda juga mengecek saklar lampu untuk memastikan seluruh bahan presentasi anda dapat terlihat dengan sempurna.

6. Simpan bahan presentasi anda dalam disk drive
Walau terlihat sepele, pastikan anda menyimpan semua file didalam disk drive, menyimpannya dalam floopy, flash disc ataupun cd kadang membuat running presentasi anda menjadi lebih lambat.

7. Gunakan remote control
Jangan kaku berdiri di stage dan jangan selalu berada disamping laptop dan lcd yang anda gunakan. Anda harus berada pada posisi dimana semua audiens dapat melihat anda dengan jelas, olah karena itu tidak ada salahnya anda menggunakan remote control. Tapi bukan berarti jika anda menggunakan remote anda bebas untuk berkeliling pada saat presentasi, hal tersebut hanya memecah konsentrasi audiens anda.

8. Hindari penggunaan laser pointer
Penggunaan laser pointer dapat memecah konsentrasi audiens event anda, apalagi pada saat anda mengalami kegugupan, penggunaan laser pointer malah jadi tidak efektif. Lebih baik anda menggunakan handsout pada materi2 yang ingin anda tampilkan.

9. Jangan berbicara pada slide yang anda buat
Banyak presenter yang lebih melihat pada slide yang nyata-nyata telah mereka ketahui isinya daripada melihat audiens. Sebaiknya anda fokuskan mata dan perhatian anda kepada audiens, perbanyak kontak mata akan membuat presentasi anda menjadi lebih menarik.

10. Navigasikan slide anda
Sebaiknya anda membuat slide dengan menggunakan ‘link‘ hal ini penting karena audiens event seringkali bertanya pada slide yang telah anda presentasikan. Penggunaan link membuat anda lebih mudah untuk menemukan slide yang perlu , tanpa harus menampilkan seluruh slide presentasi.

Demikian informasi tentang cara presentase yang baik dan benar, semoga bermanfaat.
Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Presentasi Yang Baik dan Benar dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2012/11/cara-presentasi-yang-baik-dan-benar.html , Jika suka dengan artikel Cara Presentasi Yang Baik dan Benar dengan url http://www.konsultasisawit.blogspot.com/2012/11/cara-presentasi-yang-baik-dan-benar.html silahkan di copy dan jangan lupa menuliskan sumbernya. Anda dapat berlangganan update dari blog ini dengan mengisi email di bawah ini

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Silahkan Follow Kami di twitter
Jika ingin melihat artikel lainnya anda dapat mengklik link populer dibawah ini atau sitemap diatas.Terima kasih atas kunjungan anda di http://konsultasisawit.blogspot.com

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...