Friday, November 16, 2012

Konsep Belajar Orang Dewasa

Konsep Belajar Orang Dewasa (andragogy). Konsep belajar orang dewasa (andragogy) sangat bertolak belakang dengan proses pembelajaran yang umum (pedagogy) yang diperoleh dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi. Tahapan atau siklus belajar orang dewasa dapat di jelaskan dengan bagan di bawah ini :

Gambar 1. Siklus Belajar Orang Dewasa 







Siklus Belajar orang dewasa dimulai dari proses mengalami dimana peserta penyuluhan dalam hal ini adalah petani plasma memiliki banyak pengalaman memupuk kelapa sawit. Pengalaman petani memupuk kelapa sawit ada yang berupa petani yang rajin, kadang - kadang dan jarang memupuk tanaman kelapa sawit yang mereka miliki. Tugas fasilitator disini berusaha untuk merangsang peserta agar mengungkapkan pengalam tersebut.
Pengalaman tersebut kemudian di analisa oleh peserta baik itu keuntungan dan kerugiannya sehingga pada akhirnya peserta akan mampu untuk membuat sebuah kesimpulan yang berisi tentang rencana kerja apa yang harus di lakukan kedepan.
Setelah melaksanakan  rencana kerja maka petani akan mengalami pengalaman baru. Pengalaman baru ini kemudian di ungkapkan dan masuk ke tahap berikutnya yaitu menganalisa dan menyimpulkan kembali.
Jadi pendidikan orang dewasa memiliki sebuah siklus yang tidak pernah putus dan terus berkembang dengan bentuk seperti spiral

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...