Thursday, March 27, 2014

Petani Kelapa Sawit Bersertifikat RSPO di Indonesia

Petani Yang sudah Bersertifikat RSPO Di Indonesia. Seiring dengan banyaknya produksi dari kelapa sawit terutama CPO muncul kecurigaan dari berbagai pihak terutama LSM asing yang mengkampanyekan bahwa produksi ini dilakukan dengan merusak lingkungan. Hal inilah yang membuat pengusaha kelapa sawit dan stake holdernya melakukan pertemuan yang akhirnya menghasilkan RSPO (Rountable Sustainable Palm Oil). Sertifikasi RSPO atau jika di bahasa Indonesiakan dapat di sebutkan sebagai sertifikat kelapa sawit lestari. Dimana jika sudah memeproleh sertifikat ini maka produk kelapa sawit yang di hasilkan sudah memenuhi standart international tentang lingkungan, perkeja dan sosialnya.

Pemerintah Indonesia juga berusaha melindungi petani kelapa sawitnya dengan mengeluarkan ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil) jika RSPO bersifat sukarela maka berbeda dengan ISPO yang bersifat wajib. Jadi semua petani dan perusahaan yang mengusahakan komoditi ini harus lulus sertifikat  ISPO jika tidak maka perusahaan/petani terancam untuk di cabut ijinnya dan jika petani harus mengganti komoditinya.

Hingga saat ini prinsip dan kriteria ISPO yang harus di penuhi untuk petani kelapa sawit masih belum selesai di rumuskan sehingga masih belum ada di lakukan sertifikasi untuk petani hingga saat ini.

Selain RSPO masih ada sertifikat ISCC yang sudah diraih oleh beberapa kebun petani di Indonesia. Sertifikat ISCC adalah suatu syarat jika produk CPO ingin di jual ke negara eropah. Sertifikat  ini bukan hanya untuk produk cpo tetapi semua produk yang dapat menghasilkan energi seperti jagung, kedelai, bunga matahari dan lain-lain.



Daftar Petani yang Memperoleh Sertifikat RSPO
Dari situs resmi RSPO yaitu rspo.org berikut adalah daftar petani kelapa sawit yang sudah lulus sertifikat tersebut :

Tabel Petani Yang Sudah Lulus Sertifikat RSPO
Nama Perusaah Mitra
Petani
Auditor
Tanggal Sertifikasi
Cargill Incorporated
Petani Plasma Cargill - CTP Holdings Pte Ltd: PT Hindoli
BSI
10/05/2010
PT Musim Mas
Petani KKPA PT Musim Mas
CUC
26/11/2010
PT Inti Indosawit Subur
Petani Plasma PT Inti Indosawit Subur Buatan
CUC
05/12/2011
PT Inti Indosawit Subur
Petani Plasma PT Inti Indosawit Subur Ukui
BSI
18/12/2011
PT Inti Indosawit Subur
Petani Plasma PT Inti Indosawit Subur - Muara Bulian
BSI
10/12/2012
PT Inti Indosawit Subur
Petani Plasma PT Inti Indosawit Subur - Tungkal Ulu
BSI
10/12/2012
PT Ivo Mas Tunggal
Petani Plasma  PT Ramajaya Pramukti (PT. RJP)
Mutu Agung
16/06/2012
PT Ivo Mas Tunggal
Petani Plasma  PT.Buana Wiralestari Mas (PT.BWL)
Mutu Agung
11/06/2012

Jika kita lihat tabel di atas petani plasma dan KKPA yang memiliki perusahaan mitalah yang sudah melakukan proses sertifikasi RSPO. Dimulai pada tahun 2010 oleh petani plasma PT. Hindoli, Petani KKPA Musimas, petani plasma PT. Inti Indosawit Subur Buatan, petani plasma PT. Inti Indosawit Subur Ukui, petani plasma PT. Inti Indosawit Subur Tungkal Ulu, petani plasma PT. Inti Indosawit Subur Muara Bulian dan petani plasma PT. Ivo Mas Tunggal.

Hingga saat ini di Indonesia baru satu KUD petani swadaya yang sudah memeproleh sertifikat RSPO yaitu  Asosiasi Petani Sawit Swadaya Amanah yang berada di Ukui yang di audit  pada 11/02/2013 oleh BSI.  Kita berharap kedepan semakin banyak petani swadaya Indonesia yang memperoleh pengakuan di dunia Internasional dengan memperoleh sertifikat RSPO.

Sedangkan di luar negeri ada tiga petani swadaya yang sudah memperoleh sertifikat RSPO yaitu :

Petani
Auditor
Tanggal Sertifikasi

UPOIC (Nuakhlong-Khaopanom) Independent Smallholders Group, Krabi Province, Thailand
BSI
01/05/2012
Wild Asia Group Scheme (WAGS) – MPOB SPOC Telupid (Group Independent Smallholders)
BSI
03/06/2013

Kita berharap kedepan semakin banyak petani kelapa sawit di Indonesia yang memperoleh sertifikat RSPO di Indonesia sehingga akan menjadi bukit nyata bahwa petani kelapa sawit kita sudah go Internasional dan melakukan praktek budidaya kelapa sawit yang sudah ramah lingkungan. Hidup terus petani kelapa sawit Indonesia.


Demikian informasi tentang petani kelapa sawit yang sudah memperoleh sertifikat RSPO di Indonesia semoga dapat membantu dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...